5 Penyebab Radang Tenggorokan Yang Paling Umum Ditemukan

Penyebab umum sakit tenggorokan dapat dibagi menjadi kasus menular dan tidak menular. Infeksi tenggorokan yang menular seperti radang tenggorokan. Sedangkan kasus non-infeksi biasanya berasal dari faktor lain yang memicu peradangan, iritasi, atau kerusakan pada tenggorokan seperti alergi, merokok atau GERD.  

Anda mungkin pernah mengalami sakit tenggorokan tanpa tahu penyebabnya yang bisa membuat Anda kesulitan berbicara. Terkadang, Anda tak peduli apa penyebabnya karena yang dibutuhkan adalah mengobati sakit tenggorokan secepat mungkin.© Torie Natalova Anda mungkin pernah mengalami sakit tenggorokan tanpa tahu penyebabnya yang bisa membuat Anda kesulitan berbicara. Terkadang, Anda tak peduli apa penyebabnya karena yang dibutuhkan adalah mengobati sakit tenggorokan secepat mungkin.

Anda mungkin pernah mengalami sakit tenggorokan tanpa tahu penyebabnya yang bisa membuat Anda kesulitan berbicara. Terkadang, Anda tak peduli apa penyebabnya karena yang dibutuhkan adalah mengobati sakit tenggorokan secepat mungkin.

Jenis sakit tenggorokan pun beragam, dan ini menentukan bagaimana perawatan sakit tenggorokan yang Anda alami. Penyebab umum sakit tenggorokan dapat dibagi menjadi kasus menular dan tidak menular. 

Infeksi tenggorokan yang menular seperti radang tenggorokan. Sedangkan kasus non-infeksi biasanya berasal dari faktor lain yang memicu peradangan, iritasi, atau kerusakan pada tenggorokan seperti alergi, merokok atau GERD.

Penyebab infeksi dan non-infeksi tersebut dapat menyebabkan faringitis atau sakit tenggorokan. Ini merujuk pada peradangan di bagian belakang tenggorokan yang paling umum. Ada jaringan lain di tenggorokan di mana infeksi spesifik dapat terjadi seperti amandel atau pita suara.

image medcom© Disediakan oleh PT Citra Multimedia Indonesia image medcom

(Infeksi tenggorokan yang menular seperti radang tenggorokan. Sedangkan kasus non-infeksi biasanya berasal dari faktor lain yang memicu peradangan, iritasi, atau kerusakan pada tenggorokan. Foto: Pexels.com)

Berikut adalah beberapa penyebab sakit tenggorokan yang menular dan tidak menular untuk membantu Anda mengatasinya. 

1. Infeksi virus

Sejumlah infeksi virus terutama infeksi saluran pernapasan atas seperti flu atau rhinovirus dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Dalam kasus yang parah, virus disebabkan oleh penyakit menular seksual seperti herpes simpleks.

Virus ini memiliki kecenderungan menempel pada sel-sel di tenggorokan yang memungkinkan mereka menyerang sistem kekebalan tubuh. 

2. Infeksi bakteri

Tidak seperti infeksi virus, infeksi bakteri kurang umum dikenal sebagai penyebab sakit tenggorokan. Infeksi bakteri juga memicu respons imun seperti peradangan yang menyebabkan sakit tenggorokan.

3. Alergi

Alergi dapat memberikan rasa sakit di tenggorokan Anda. Menelan lendir yang disebabkan oleh alergi dapat menyebabkan iritasi. Mungkin saja jika alergi Anda membuat batuk, bersin dan ini bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan.

4. Merokok dan perokok pasif

Batuk yang dipicu asap rokok dan rokok yang dihisap dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Selain itu, udara kering juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan.

5. Penyakit refluks asam lambung atau GERD

GERD dapat menyebabkan peradangan langsung pada jaringan dan lapisan tenggorokan. Ketika GERD dan mulas memengaruhi tenggorokan, itu disebut refluks laringitis. Ketika isi lambung naik ke kerongkongan, tempat pertama yang dicapai adalah kotak suara, yang lebih sensitif daripada kerongkongan. 

Ini menyebabkan peradangan di kotak suara. Beberapa rumah sakit bisa jadi rujukan Anda untuk megobati sakit tenggorokan, seperti Rumah Sakit Royal Taruma, Rumah Sakit Pondok Indah, Rumah Sakit Jakarta.

Source : https://www.msn.com/id-id/kesehatan/health/selain-batuk-ini-5-penyebab-sakit-tenggorokan/ar-BBUBV4f?li=BBSuBOA

811
Filed Under: MSN
5 Penyebab Radang Tenggorokan Yang Paling Umum Ditemukan

Source:MSN

5 Penyebab Radang Tenggorokan Yang Paling Umum Ditemukan