Jokowi Jajan Di Pasar Ikan Kekinian PIM Muara Baru

KONTAN.CO.ID - 

JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal berbelanja ikan di Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru. Usai meresmikan pasar ikan kekinian tersebut, Rabu (13/3).

"Belanja banyak lah kerang udang dan semua ikan kita beli, mungkin sebulan ini saya tidak makan apa-apa kecuali ikan dan kerang," ujar Jokowinya.

Usai berkeliling PIM Muara Baru, Jokowi menyatakan kepuasannya. PIM Muara Baru dinilai mampu merubah persepsi terhadap pasar ikan.

Dulu pasar ikan kerap dianggap becek, bau, dan tidak nyaman. Namun, PIM Muara Baru dinilai membuktikan bahwa perdagangan ikan dapat dilakukan dengan cara yang lebih baik.

"Dulu yang jelas bau, sangat becek, gak bisa pake sepatu biasa kayak gini," terang Jokowi.

Meski begitu ia masih merasa ada yang kurang dari PIM Muara Baru. Harus ada perubahan budaya dalam perdagangan ikan di PIM Muara Baru ke depan.

Jokowi minta pedagang ikan di PIM Muara Baru mengenakan seragam. Hal itu akan membuat pembeli lebih nyaman dan kelihatan bersih.

PIM Muara Baru merupakan realisasi dari harapan Jokowi mengubah pasar ikan. Ia bilang nantinya PIM Muara Baru akan menjadi percontohan bagi provinsi lainnya dalam mengembangkan pasar ikan.

PIM Muara Baru dibangun sesuai amanat Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2016 tentang Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional dan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 Tahun 2017 tentang Rencana Aksi Percepatan Pembangunan Perikanan Nasional.

Menindaklanjuti amanat tersebut, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (Ditjen PDSPKP) pada tahun 2018 lalu meluncurkan program prioritas pembangunan Pasar Ikan Modern (PIM) yaitu di Muara Baru, DKI Jakarta dan Kabupaten Bandung.

Bangunan PIM Muara Baru seluas 2 Ha dibangun di atas lahan sekitar 4,15 Ha dengan anggaran sebesar Rp150,69 miliar. PIM ini dibangun dengan sistem design and built oleh pelaksana PT Pembangunan Perumahan dan Manajemen Konstruksi PT Fajar Nusa Consultans.

PIM Muara Baru ini dapat menjadi sentra perikanan nasional yang strategis mengingat banyaknya ikan yang diperjualbelikan di pasar existing Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Muara Baru.

Selanjutnya > Halaman   1 2
Reporter: Abdul Basith, Yudho Winarto

Editor: Yudho Winarto

Source : https://nasional.kontan.co.id/news/jokowi-jajan-di-pasar-ikan-kekinian-pim-muara-baru

390